• Beranda
  • Aneh dan Unik
  • Blogging
  • Artikel
  • Android
  • Tips_Trik
  • Hubungi_Saya

Tidak Ada Ujian Ulang Tahun ini 2013




TARUTUNG – Tidak Ada Ujian Ulang Tahun ini, Para siswa-siswi yang akan menghadapi Ujian Nasional (UN) diharapkan fokus dalam belajar. Sebab jika tak lulus, tidak ada kesempatan untuk ujian ulang.

Demikian disebutkan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Umum (Dikdasmenum) Dinas Pendidikan Nasional Taput Saut Panjaitan, kemarin.

Menurut Saut, pelaksanaan UN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena tidak ada kesempatan bagi siswa yang tidak lulus untuk ujian ulang.

“Intinya tidak ada ujian ulang dan Mendiknas hanya memberikan kesempatan bagi mereka yang sakit atau berhalangan tetap saat UN. Tapi bagi yang tidak lulus tidak ada ujian ulangan. Untuk itulah kita harapkan siswa fokus dan konsentrasi belajar,” tegasnya.

Dia juga berharap para guru, orangtua murid, dan seluruh komponen masyarakat juga bisa menciptakan suasana kondusif dan ketenangan lingkungan yang baik bagi para peserta UN.

“Guru dan orangtua merupakan elemen terdepan menggerakkan semua potensi yang berpengaruh langsung terhadap siswa. Jadi kita ingin mengajak para guru dan orangtua mendampingi para putra-putrinya untuk menciptakan suasana kondusif,” sebutnya.

Oleh sebab itu, ia menyarankan, agar para guru dan orangtua bukan saja hanya mendampingi anak-anaknya secara psikis tapi juga fisiknya, dengan demikian rasa percaya diri anak didik itu bertambah.

Menurutnya, rasa percaya diri dapat menambah keyakinan siswa nantinya dalam mengikuti UN. “Jadi orangtua perlu ikut mendampingi ketegaran mental anak-anaknya untuk menghadapi UN itu,” terangnya.

Kata Saut, pelaksanaan UN untuk tingkat SMA/MA/SMK dijadwalkan pada tanggal 15-18 April. Sementara untuk tingkat SMK dan SMALB, UN akan digelar pada tanggal 15-17 April. Bagi siswa yang sakit atau berhalangan hadir dapat mengikuti UN susulan yang diselenggarakan pada tanggal 22-25 April.

Untuk tingkat SMP/SMPLB/MTs, UN digelar pada tanggal 22-25 April dengan rincian mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sama seperti tingkat SMA, UN susulan dilakukan sepekan setelah UN berlangsung yaitu pada tanggal 29 April-2 Mei.

Sementara untuk tingkat SD/SDLB/MI, UN akan diselenggarakan pada tanggal 6-8 Mei dengan mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. UN susulan bagi yang sakit atau tidak hadir akan dilaksanakan pada tanggal 13-15 Mei.

Untuk pengumuman kelulusan sendiri, tingkat SMA/SMALB/SMK/MA akan diumumkan pada tanggal 25 Mei. Kemudian tingkat SMP/SMPLB/MTs diumumkan pada tanggal 1 Juni dan tingkat SD/SDLB/MI pengumuman hasil UN 2013 dilakukan pada tanggal 8 Juni.

Jumlah peserta UN di Taput mulai tingkat SD, SMP, SMA/SMK sederajat sebanyak sebanyak 19.440

4 comments:

  1. wah.. dari tahun ke tahun UN tambah ketat aja yah kawan... untung saya udah lulus... heheh....

    ReplyDelete
  2. @sun kitz:

    Ya nih gan, makin ketat ajah, apalagi ada 20 Paket. Adik saya juga ada yg UN tahun ini. Mudah - mudahan lulus semua yah gan.. ^^

    ReplyDelete
  3. semangkin ketat aja ya sob peraturan ujian nasional

    ReplyDelete
  4. @Berbagi Ilmu dan Informasi: Iya sob, mudah2an lulus semua dengan nilai yang bagus

    ReplyDelete

.

Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program