• Beranda
  • Aneh dan Unik
  • Blogging
  • Artikel
  • Android
  • Tips_Trik
  • Hubungi_Saya

Letak Geografis Indonesia

Letak grografis adalah letak suatu negara di permukaan bumi. Secara geografis Indonesia terletak diantara dua benua asia yang mengampit Indonesia adalah benua adia yang terlaetak di sebelah utara Indonesia dan benua Australia yang terletak di sebelah selatan Indonesia.
Samudra yang mengampit Indonesia adalah samudra pasifik yang disebelah timur Indonesia dan samudra hindia di sebelah barat Indonesia.

Wilayah Indonesia juga berbatasan dengan sejumlah wilayah. Batas – batas wilayah Indonesia dengan wilayah lainnya adalah sebagai berikut :

· Disebelah utara Indonesia berbatasan dengan Malaysia,  Singapura, Pulau Filiphina dan Laut China Selatan.
·  Disebelah selatan Indonesia berbatasan dengan Timor Leste,  Australia dan Samudra Hindia.
· Disebelah barat Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia.
· Disebelah timur Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini dan  Samudra Pasifik.


Batas- batas wilayah Indonesia


 
Apa manfaat letak geografis bagi Indonesia? Letak geografis Indonesia sangat strategis karena menjadi jalur lalu lintas perdagangan dunia antar Negara-negara dari Asia timur dengan Negara-negara di Eropa, Afrika, Timur Tengah dan India

Letak geografis memberi pengaruh baik secara social ekonomi maupun budaya

Manfaat letak geografis Indonesia juga memberi dampak yang merugikan. Budaya Indonesia kemudian masuk dan mempengaruhi kebudayaan bangsa Indonesia misalnya, Pergaulan bebas, kesantunan dan lain – lain.

Indonesia juga rentan terhadap masuknya barang – barang terlarang misalnya, Narkoba dan barang – barang selundupan lainnya.

No comments:

Post a Comment

.

Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program