• Beranda
  • Aneh dan Unik
  • Blogging
  • Artikel
  • Android
  • Tips_Trik
  • Hubungi_Saya

Tanaman Pemakan Serangga


Tanaman Pemakan Serangga



10. Sarracenia

Sarracenia, atau tanaman Pitcher, adalah Genus tanaman karnivoradi pesisir timur, Texas, danau besar dan Kanada timur selatan, dengansebagian besar spesies yang hanya ditemukan di negara bagian tenggara.Itujuga merupakan tanaman pertama dengan perangkap yang akan kita bahas.daun tanaman telah berevolusi menjadi corong, dengan tudung sepertistruktur berkembang selama pembukaan untuk mencegah air hujan darimenipiskan cairan pencernaan.Seranggatertarik oleh warna, bau dan sekresi nektar seperti di bibirteko.permukaan licin, dibantu dalam setidaknya satu spesies, denganobat hantaman nektar, menyebabkan serangga jatuh ke dalam dan merekaakan mati dan dicerna oleh protease dan enzim lainnya

9.Nepenthes

Nepenthes, tanaman pitcher tropis atau Tumbuhan cangkir monyet,yang lain genus tanaman karnivora dengan perangkap . Ada sekitar 130spesies yang tersebar luas, dan dapat ditemukan di Cina, Malaysia,Indonesia, Filipina, Madagaskar, Seychelles, Australia, India,Kalimantan dan Sumatera. julukan "cangkir monyet" julukan berasal darifakta bahwa monyet sering minum air hujan mirip dengan tumbhan ini.Sebagianbesar spesies Nepenthes adalah tanaman merambat tinggi (10-15m), dengansistem akar dangkal. Dari batang Anda akan sering melihat pedangseperti daun berkembang, dengan sulur yang (sering digunakan untukmemanjat) menonjol dari ujung daun.Padaakhir sulur tersebut, pitcher bentuk pertama sebagai bola kecil, yangkemudian mengembang dan bentuk cangkir. perangkap berisi cairan, yangdihasilkan oleh tanaman, yang mungkin ORS encer manis dan digunakanuntuk menenggelamkan dan mencerna serangga. Bagian bawah dari cawan itumengandung kelenjar yang menyerap dan mendistribusikan nutrisi.Kebanyakan tanaman ini kecil dan cenderung menjadi perangkap seranggasaja, tetapi beberapa spesies yang lebih besar, seperti NepenthesRafflesiana dan Nepenthes Rajah, telah didokumentasikan untuk menangkapmamalia kecil seperti tikus.

8. Genlisea

Genlisea, lebih dikenal sebagai tanaman pembuka botol,terdiri dari 21 spesies dan umumnya tumbuh di darat basah untuklingkungan perairan semi, dan tersebar di seluruh Afrika, tengah danAmerika Selatan.Genliseaadalah tumbuhan kecil dengan bunga kuning yang memanfaatkan perangkaplobster (Perangkap yang mudah untuk masuk tetapi tidak mungkin untukkeluar, seperti dengan menggunakan rambut kecil tumbuh menuju pintumasuk atau dalam kasus ini, yang pernah maju mendorong spiral).Tanamanini memiliki dua jenis daun - daun fotosintesis di atas tanah, dan daunbawah tanah khusus untuk menarik, menjebak dan mencerna organismemenit, seperti protozoa.daun bawah tanah ini juga melakukan tugas akar,seperti menyerap air dan pelabuhan, sebagai tanaman tidak memilikiapapun.Daunbawah tanah ini bentuk tabung berongga di bawah tanah, tabung inimemiliki bentuk pembuka botol mendorong maju, dan dengan bantuan aliranair konstan, mikroba kecil bisa membuat jalan mereka ke dalam tabung,tetapi tidak dapat menemukan jalan keluar lagi. Ketika mereka mencapaibagian di dalam tabung, mereka akan dicerna dan diserap.

7. Darlingtonia Californica

Darlingtonia californica, juga disebut Bunga Californiaatau Lilly Cobra,adalah anggota tunggal dari genus darlingtonia, dan asli NorthernCalifornia dan Oregon.Mereka tumbuh di rawa dan merembes dengan airdingin dan, karena jarang di dataran, tumbuhan ini dianggap biasa.Daundari Lily Cobra yang bulat dan membentuk rongga kosong, dengan bukaanyang terletak di bawah balon, bengkak seperti struktur dan dua menunjukdaun tergantung dari ujung seperti taring.Tidakseperti tanaman pitcher besar, Lilly Cobra tidak menggunakan perangkapjebak, melainkan perangkap lobster pot. Begitu di dalam, serangga yangbingung dengan lampu besar Speckles diizinkan untuk bersinar melaluitanaman.Ketikamereka mendarat di sana, ada ribuan bulu-bulu halus lebat yang tumbuhke dalam, mereka dapat mengikuti rambut yang lebih dalam terhadap organpencernaan, tetapi mereka tidak bisa berbalik atau bergerak ke belakanguntuk melarikan diri.

6. Utricularia

Utricularia, atau dikenal sebagai bladderworts, adalah genus tanaman karnivorayang terdiri dari sekitar 220 spesies. Mereka tumbuh di air tawar dantanah basah sebagai spesies darat maupun di perairan, di setiap benuakecuali Antartika.Merekaadalah satu-satunya tanaman karnivora yang menggunakan perangkapkandung kemih. Sebagian besar spesies memiliki perangkap yang sangatkecil, di mana mereka dapat menangkap mangsa dalam sekejap, sepertiprotozoa. Perangkap dapat berkisar dari 0.2mm - 1.2cm, dengan perangkapyang lebih besar, menjebak mangsa yang lebih besar seperti kutu air danbahkan berudu kecil.Perangkapmemicu rambut kecil melekat pada pintu jebakan. Kandung kemih, ketikaset, berada di bawah tekanan negatif dalam hubungan ke daerahsekitarnya. Saat rambut pemicu jatuh, pintu perangkap terbuka,menghisap serangga dan air di sekitarnya, dan menutup pintu lagi, semuadalam hitungan 10 ribuan per detik.

5. Pinguicula

Pinguicula, atau butterworts,adalah sekelompok tanaman karnivora yang menggunakan zat lengket,kelenjar daun untuk memikat, menjebak dan mencerna serangga. Nutrisidari serangga melengkapi kandungan mineral dari tanah yang miskin .Adasekitar 80 spesies yang dapat ditemukan di seluruh Amerika Utara danSelatan, Eropa dan Asia.Daun-daunbutterwort adalah indah dan biasanya berwarna hijau derah atau merahmuda . Ada dua jenis khusus dari sel-sel ditemukan di sisi atas daunbutterwort. Salah satunya dikenal sebagai kelenjar penduncular, danterdiri dari sel-sel sekretori di atas sel batang tunggal. Sel-sel inimenghasilkan sekresi mucilaginous yang membentuk tetesan terlihat dipermukaan daun, dan bertindak seperti flypaper effect. Sel-sel lainnyadisebut kelenjar sesil. Mereka terhampar di permukaan daun danmenghasilkan enzim seperti amilase, esterase dan protease, yangmembantu dalam proses mencerna.

4. Drosera

Drosera, umumnya dikenal sebagai sundews, terdiri dari salah satu genus tanaman karnivora terbesar,dengan sedikitnya 194 spesies. dapat ditemukan secara luas tersebar disetiap benua kecuali Antartika. Sundews, (tergantung pada spesies)dapat berbentuk mawar bersujud atau tegak, mulai dari 1 cm sampai 1mtinggi, dan dapat hidup sampai 50 tahun.Sundewsdicirikan oleh kelenjar tentakel bergerak, diatapi dengan cairanlengket manis. Ketika serangga tanah lengket pada tentakelnya , tanamanini dapat menggerakkan tentakel lebih ke arah serangga untuk menjebaklebih lanjut. Setelah terperangkap, kelenjar sesil kecil akan mencernaserangga dan menyerap nutrisi yang dihasilkan, yang kemudian dapatdigunakan untuk membantu pertumbuhan.

3. Byblis

Byblis, atau tanaman pelangi,adalah genus kecil asli tanaman karnivora Australia. Nama tanamanpelangi berasal dari tampilan yang menarik daun lendir mereka ditutupidi bawah sinar matahari. Meskipun tanaman ini terlihat mirip denganDrosera dan Drosophllum, mereka tidak terkait pada kesamaan spesies dandapat dibedakan dengan bunga zygomorphic dengan lima benang sarimelengkung.Daun memiliki penampang bulat, dan mereka cenderung sangat memanjang dan meruncing di ujungnya.Permukaan daun benar-benar tertutup rambut kelenjar yang melepaskan zat mucilaginous lengket, yang pada gilirannya menjadi perangkap serangga kecil pada daun atau tentakel sebagai perangkap flypaper effect pasif.

2. Aldrovanda vesiculosa


Aldrovanda vesiculosa, juga dikenal sebagai tanaman kincir air,adalah tanaman menarik tanpa akar, karnivora, dan juga tanaman air.biasanya memakan vertebrata kecil, menggunakan mekanisme yang disebutperangkap perangkap snap.Tanamanini terutama terdiri dari batang mengambang bebas, mencapai 6 - 11cmpanjangnya. Daun perangkap tumbuh sepanjang 2-3mm tumbuh dari 5-9,berturut-turut sepanjang batang dekat pusat tanaman. Perangkap melekatpada petioles, yang berisi udara, dan membantu dalam pengapungan.Inimerupakan tanaman berkembang sangat cepat dan bisa mencapai 4-9mm perhari, dalam beberapa hal bahkan menghasilkan ulir baru setiap hari.Sebagai tanaman tumbuh dari satu ujung, ujung lainnya akan terusmati.Perangkap pada dasarnya terdiri dari dua lobus yang sama untukmembuat perangkap menutup.Bukaandari perangkap keluar titik, dan tercakup dalam lapisan yang memicurambut, yang akan menyebabkan trap untuk bertepuk menutup saat setiapmangsa yang datang terlalu dekat. kecepatan perangkap menutup adalah 10mili/detik, membuatnya menjadi salah satu contoh gerakan tercepattanaman dalam kerajaan hewan.

1. Dionaea Muscipula


DionaeaMuscipula, lebih dikenal sebagai penangkap lalat Venus, mungkin adalahtanaman karnivora paling terkenal dan ia makan terutama pada seranggadan arakhnida.Penangkap lalat Venus merupakan tanaman kecil yang memiliki 4-7 daun yang tumbuh dari batang bawah tanah pendek.Helaidaun yang dibagi menjadi dua : tangkai daun berbentuk hati yang pipihdan sepasang lobus terminal berengsel di pelepah, membentuk perangkapyang sebenarnya adalah daun sejati.Permukaan bagian dalam dari lobusini mengandung pigmen merah dan ujung-ujungnya mengeluarkan lendir.Inimenunjukkan lobus tanaman gerak cepat dengan meletakkan menutup ketikarambut sensorik khusus dirangsang. Tanaman ini begitu maju sehinggadapat membedakan antara stimulus hidup dan stimulus yang tidak hidup.Lobusmenutup dalam waktu sekitar 0,1/detik. mereka dibatasi oleh tonjolanseperti duri kaku atau silia, yang menutup bersama dan mencegah mangsabesar dari melarikan diri. Setelah mangsa tidak dapat melarikan diridan permukaan bagian dalam lobus terus dirangsang, tepi lobus tumbuhatau mencengkeram bersama, menyegel perangkap dan menciptakan sebuah"perut" tertutup di mana pencernaan dan penyerapan dapat terjad.

No comments:

Post a Comment

.

Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program